Tips Memilih Organisasi yang Tepat di Bangku Perkuliahan

Dede Ngadino


PUCUKMERA.ID — Ketika menjadi mahasiswa baru, pastinya kita mulai mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan. Terutama mulai memikirkan dan merencanakan aktivitas selama manjadi mahasiswa.

Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah memilih organisasi, baik organisasi intra atau pun ekstra kampus. Saat kita tepat memilih organisasi, tentunya akan banyak manfaat yang didapatkan.

Selain memperluas cakrawala pengetahuan dan mengasah soft skill, berorganisasi bisa menambah relasi. Semua itu sangat berguna ketika kita memasuki dunia kerja dan hidup bermasyarakat nantinya.

Namun, memilih organisasi yang tepat menjadi sesuatu yang sulit untuk sebagian orang. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang menuntut segala sesuatunya serba daring.

Maka dari itu, kita harus bijak dalam menentukan pilihan organisasi.

Ketika pilihannya tepat, pastinya akan membuat kita menikmati sepenuh hati dalam berorganisasi. Sebaliknya, jika tidak sesuai pasti akan setengah hati dalam menjalani.

Bahkan bisa berhenti tanpa hasil apapun. Sangat merugi bukan? Berikut beberapa tips memilih organisasi yang tepat bagi kalian mahasiswa baru. Langsung disimak, ya penjelasannya.

  1. Kenali Diri

Sudah menjadi sesuatu keniscayaan, bahwa setiap orang memiliki keunikan tersendiri. Termasuk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kita harus mengenal diri terlebih dahulu sebelum memilih organisasi. Sebab, dengan begitu kita akan mudah beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada.

Bagimana caranya? Misalnya, kita bisa berkonsultasi ke psikolog, membaca buku, atau menggunakan aplikasi di internet untuk mengetahui kepribadian. Dengan memahami kepribadian, kita akan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki. Sehingga memudahkan memilih sesuatu yang sesuai dengan diri kita. Hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Termasuk memilih organisasi yang tepat semasa kuliah nanti.

  1. Melakukan Riset

Hal yang tidak kalah penting dari mengenal diri, yakni melakukan riset terhadap beberapa organisasi. Baik organisasi intra ataupun ekstra kampus. Tentukan daftar perkiraan organisasi yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Kemudian, lakukan riset terhadap organisasi-organisasi tersebut. Berhubung masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka riset yang dapat dilakukan adalah mengunjungi akun medsos mereka.

Cobalah kepo pada Facebook, website, Twitter, dan Instagram milik organisasi tersebut. Karena dengan begitu, akan diperoleh informasi tentang potensi dari masing-masing organisasi. Baik visi dan misi, kegiatan, manajemen, dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Selain itu, kita bisa mengirim pesan dan menanyakan informasi lain melalui akun sosial media mereka.

  1. Meminta Pendapat Orang Lain

Carilah seseorang yang sudah pernah atau lebih dulu berorganisasi semasa di kampus. Siapa pun itu, mintalah pendapat kepada mereka. Akan tetapi lebih baik lagi, jika orang tersebut mengenal kita. Sebab bila mereka mengenal, pastinya pendapat dan saran yang diberikan akan disesuaikan dengan kepribadian kita.

Sebaiknya, pilihlah orang yang dapat memberikan pandangan yang netral dan luas. Kita dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya perlu dan penting. Agar nantinya, semua informasi dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih organisasi yang tepat untuk kita.

  1. Masa Percobaan

Sering kali kita mendengar kata-kata “Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali”. Namun yang saya maksudkan bukan memilih organisasi untuk coba-coba ya, tetapi melakukan masa percobaan. Tetaplah bertahan dalam satu organisasi minimal tiga bulan. Waktu tiga bulan saya anggap cukup untuk menentukan apakah organisasi tersebut sesuai atau tidak.

Cobalah rasakan dan resapi, setiap proses yang telah kita lalui dalam organisasi tersebut. Jika dalam waktu tiga bulan kita masih belum menemukan kenyamanan, maka sebaiknya ambil keputusan untuk keluar dari organisasi. Dengan cara mengundurkan diri secara baik-baik. Setelah itu kita bisa mencari organisasi lain yang lebih sesuai.

  1. Konsisten

Tidak dapat kita pungkiri, konsisten adalah salah satu sikap orang yang sukses. Di mana pun kita berproses, cobalah tanamkan sikap ini agar memaksimalkan hasil yang hendak dicapai. Banyak orang yang tidak berhasil lantaran tidak mampu melawan lelahnya perjuangan dan pengorbanan. Termasuk dalam hal berorganisasi.

Ada saatnya kita akan merasakan lelah dalam berproses, baik letih dan bosan. Semua itu adalah hal yang wajar dalam perjuangan meraih impian. Jadi, nikmati dan jalani saja ketika kita sudah menentukan pilihan. Percayalah hasil tidak akan pernah menghianati proses.

Itulah beberapa tips agar kita tidak salah dalam memilih organisasi, terutama untuk kalian mahasiswa baru. Selamat berorganisasi, Gaes.


Pucukmera.id – Sebagai media anak-anak muda belajar, berkreasi, dan membangun budaya literasi yang lebih kredibel, tentu Pucukmera tidak bisa bekerja sendirian. Kami membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Untuk itu, kami merasa perlu mengundang tuan dan puan serta sahabat sekalian dalam rangka men-support wadah anak muda ini.

Tuan dan puan serta sahabat sekalian dapat men-support kami melalui donasi yang bisa disalurkan ke rekening BNI 577319622 a.n Chusnus Tsuroyya. Untuk konfirmasi hubungi 085736060995 atau email sales@pucukmera.id.

What's your reaction?
3Suka0Banget
Show CommentsClose Comments

Leave a comment