Digitalisasi

Krisna Bayu Pambudi


PUCUKMERA.ID — Digitalisasi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan format yang dapat dibaca oleh komputer. Perubahan sistem analog ke digital telah mengubah banyak hal dan mengancam eksistensi media cetak. Sebagian besar pelanggan media cetak telah beralih ke penggunaan teknologi online yang lebih fleksibel. Digital adalah sebuah metode yang kompleks dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.

Saat ini, era teknologi digital tengah dimulai. Apakah ini yang disebut era modern, era di mana seluruh kegiatan manusia dikendalikan oleh kecanggihan teknologi: digitalisasi?

Teknologi digital merupakan teknologi yang tidak dilakukan manual, tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis  sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Peralihan pembaca media ini berpengaruh pada keberlangsungan media. Ini bisa dilihat dari  data dan fakta. Banyak media (cetak) yang gulung tikar karena tidak lagi diminati pembaca meski berita yang disajikan bagus. Karenanya, banyak industri media yang dulu berbasis cetak kini sudah beralih ke sistem online. Ini, tak lepas dari pesatnya perkembangan industri layanan internet. Yang mana sebagian besar pelanggan media (cetak) telah beralih memanfaatkan teknologi online. Karena lebih fleksibel, bisa membaca informasi terbaru kapan dan di mana saja menggunakan smartphone berbasis Android. Ini berbeda dengan cetak, yang harus menunggu besoknya untuk bisa meng-update informasi baru.

Tutupnya media cetak di kancah nasional maupun internasional merupakan dampak perkembangan teknologi saat ini. Media cetak dihadapkan mahalnya biaya produksi dan perubahan masyarakat menggunakan media massa untuk mencari informasi. Bagaimana tidak, digitalisasi telah merubah berbagai lanskap bisnis di tanah air dari yang semula dilakukan secara manual, sekarang sudah menjadi otomatis dan hemat biaya.

Bahkan pemerintah sendiri sudah mencanangkan program “Making Indonesia 4.0”, yang artinya pemerintah pun serius untuk mengubah Indonesia menjadi lebih melek digital.

Peran Digitalisasi di Dunia Bisnis dan Industri

Digitalisasi sebagai salah satu metode memangkas biaya operasional tanpa mengorbankan kualitas produk/pelayanan, malah untuk meningkatkannya. Beberapa contoh digitalisasi di berbagai industri dan bisnis bisa Anda lihat pada daftar di bawah ini:

  1. Digitalisasi Produksi

Menggunakan tenaga manusia untuk produksi memang tidak ada salahnya, namun manusia pada umumnya memiliki kekurangan pada sisi ketahanan, ketelitian, dan juga konsistensi. Coba saja Anda memotong 2 selotip dengan panjang yang sama 100%, apakah bisa?

Berbeda dengan teknologi digital. Sejak era Revolusi Industri 4.0 dimulai, lini produksi perlahan beralih ke teknologi digital. Bahkan mesin yang notabene sudah berbasis teknologi sekalipun, masih bisa didigitalisasi lagi seperti otomasi QC (Quality Control) dengan memanfaatkan algoritma pemrograman khusus berbasis AI (Artificial Intelligence).

Ini membuat hasil produksi lebih seragam kualitasnya walau dengan pengawasan minim. Mungkin saja mereka hanya perlu mengambil tindakan apabila sistem memberikan peringatan.

  1. Digitalisasi Keuangan

Dunia keuangan pun tidak luput dari sentuhan digitalisasi. Bahkan sekarang sudah ada uang digital yang jauh lebih praktis dan mudah digunakan dibandingkan uang fisik.

Selain munculnya uang digital, digitalisasi keuangan juga muncul dari sisi pencatatannya. Sejak menjamurnya aplikasi kasir dan pembukuan, para pelaku usaha saat ini bisa dengan mudah untuk mencatat kondisi keuangan bisnis mereka.

Dengan begitu, posisi neraca bisnis bisa diketahui dengan mudah dan lebih akurat dibandingkan dengan hitung manual. Pelaku usaha juga tidak perlu khawatir akan kehilangan data, karena semua data bisa disimpan di cloud yang dapat diakses dari perangkat manapun.

  1. Digitalisasi Laporan

Laporan Anda pun bisa dioptimasi dan tercipta secara otomatis berkat bantuan kecerdasan buatan dari berbagai software.

Sebut saja Google Data Studio, yang bisa menampilkan data dari berbagai platform secara otomatis tanpa perlu input manual. Tampilan antarmukanya dapat didesain secantik mungkin sehingga Anda bisa gunakan untuk presentasi saat itu juga. Digitalisasi laporan juga membantu para evaluator untuk menemukan kejanggalan dalam strategi mereka, baik positif maupun negatif. Misalnya, jika di satu hari ada kenaikan penjualan secara drastis, mereka bisa menemukan penyebabnya karena laporan terintegrasi dengan sistem sales dan informasi marketing.

  1. Digitalisasi Layanan

Layanan seperti customer service merupakan hal yang krusial di dalam dunia usaha, sebab tidak semua pelanggan bisa memahami produk/jasa Anda hanya dalam sekali lihat.

Terkadang pertanyaan yang disampaikan pelanggan terlalu mendasar, dan sebenarnya sudah bisa terjawab apabila mereka mau membaca detail lebih lanjut. Karena itu digitalisasi layanan bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil secara efektif dan efisien. Dengan teknologi chatbot, Anda bisa memberikan jawaban personal secara otomatis. Bahkan Anda juga bisa mengirimkan pesan broadcast atau pengingat mengenai promosi yang sedang berlangsung ke pelanggan.

  1. Digitalisasi Pemasaran

Berkat kehadirannya saat ini, persaingan pasar menjadi lebih sempurna dan tidak dikuasai oleh satu merek saja. Sebab usaha yang diperlukan untuk melakukan promosi sudah lebih terjangkau.

Digital marketing memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan promosi tanpa menguras banyak budget. Di zaman dahulu, bisnis mungkin perlu ‘membakar’ modal sampai miliaran untuk beriklan, itu pun hasilnya juga tidak bisa diukur secara akurat. Sejak kemunculan digital marketing, semua masalah itu dapat teratasi satu per satu.

Karena itu, hanya dengan menerapkan digitalisasi eksternal saja (seperti marketing) tidaklah cukup. Harus dilengkapi juga dengan digitalisasi di internal perusahaan, untuk mengoptimasi potensi perusahaan Anda semaksimal mungkin.


Pucukmera.id – Sebagai media anak-anak muda belajar, berkreasi, dan membangun budaya literasi yang lebih kredibel, tentu Pucukmera tidak bisa bekerja sendirian. Kami membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Untuk itu, kami merasa perlu mengundang tuan dan puan serta sahabat sekalian dalam rangka men-support wadah anak muda ini.

Tuan dan puan serta sahabat sekalian dapat men-support kami melalui donasi yang bisa disalurkan ke rekening BNI 577319622 a.n Chusnus Tsuroyya. Untuk konfirmasi hubungi 085736060995 atau email sales@pucukmera.id.

What's your reaction?
0Suka1Banget
Show CommentsClose Comments

Leave a comment