2019, Cermin Kita Semua


Jalan panjang Pucukmera.id. Kita semua menyadari “Tidak ada orang hebat, tanpa perbuatan hebat yang dilakukan orang lain untuk kita”. Seperti itulah semesta bekerja, semua mempunyai peran masing-masing. Menjadi setara tak harus sama, menjadi hebat tidak bisa sendiri.

Tulisan ini kami buat khusus untuk para sobat dan keluarga besar pucukmera. Sudah sejauh ini membersamai pucukmera, tanpa para keluarga apa artinya sebuah nama.

Mungkin jika kami ditanya tentang hal paling disesalkan, kenangan paling berkesan, hingga hal yang membanggakan. Tak banyak yang bisa kami ucapkan, selain rasa syukur pada Tuhan. Hingga sampai saat ini pucukmera.id bisa terus berkarya yang merupakan rahmat tuhan yang melimpah.

Di tahun 2020, usia pucukmera.id akan bertambah layaknya usia kita semua. Selalu ada rapalan doa yang terus terucap seiring waktu berjalan. Menjadi media yang bermanfaat, menyuarakan kebenaran, menebar kebaikan akan terus kami lakukan. Kami tak bisa berjalan sendiri, kita harus berkolaborasi.

Jalan panjang perjuangan mungkin berat. Tapi tidak ada nabi yang di tempatkan pada daerah yang tenang dalam proses menyebar kebaikan dan tak ada yang berjalan dengan mudah. Mungkin tantangan hari ini tidak seberapa dengan era yang lalu. Ditulis menggebu dalam buku, diceritakan seolah sangat pilu.

Jarak antara perjuangan dan kegagalan sangat tipis. Kegagalan adalah hal yang biasa, sekelas nabi pun punya kegagalan tersendiri. Tidak ada yang sia-sia dari sebuah kegagalan, gagal itu proses mengerti hal rumit. Tapi kalo kegagalan yang sama itu diulang kembali, artinya kita yang rumit.

Ada tiga hal yang dapat mendorong manusia menjadi hebat. Pertama berkat rahmat yang diberi tuhan, tidak semua orang punya rahmat yang sama. Semua pada porsi dan perannya masing-masing untuk tujuan kebermanfaatan bersama, kedua berkat usaha rutin yang dilakukan, dan ketiga berkat dekat dan membersamai lingkungan yang hebat.

Letak keteguhan hati dalam sepanjang perjalanan menjadi penting, dibutuhkan kejujuran, jauh dari syirik dan kufur. Tanpa keteguhan hati perjuangan tak tentu arah. Kali ini menjadi agak sufi, sebuah upaya untuk merefleksi. Esok melangkah lagi, kami berjuang di sini.

2020, bersama pucukmera.id

What's your reaction?
0Suka0Banget
Show CommentsClose Comments

Leave a comment