Share



Berminat mengirimkan tulisan? Berikut syarat dan ketentuannya:

Kirim naskah tulisanmu ke email kami: redaksi@pucukmera.id dengan subjek email sesuai dengan nama rubrik (misal: Asumsi, Vakansi, Alkisah, Sajak). Serta format pengiriman di badan email berisi: nama penulis dan judul tulisan. Panjang tulisan 600 sampai 1.000 kata.

Pucukmera tidak menyediakan honorarium bagi kontributor yang tulisannya layak dimuat.

Kontributor yang karyanya dimuat di Pucukmera boleh menerbitkan ulang tulisannya di media lain, minimal sepekan setelah tayang di Pucukmera. Syaratnya mencantumkan keterangan bahwa tulisan tersebut pernah dimuat di Pucukmera.

Jika setelah sepekan karya yang dikirimkan belum mendapat balasan, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.

Setiap tulisan yang dikirim harap dalam format .doc atau .docx dan ditulis maksimal 60 kata setiap paragraf.

Sebelum tulisan ditayangkan, redaktur berhak menyunting tulisan kontributor.

Kontributor baru (tulisannya belum pernah dimuat di pucukmera) WAJIB melampirkan identitas singkat: nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, dan foto pribadi.


Berikut beberapa rubrik yang tersedia:

Esai
Rubrik reguler yang memuat opini bebas tentang isu terkini yang ditulis dengan gaya renyah dan santai. Penulis dapat mengirimkan pandangannya mengenai tema tertentu berdasarkan perspektif penulis. Tema tersebut dapat berupa ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, seni, ceramah, dan current issue.

Editorial
Rubrik khusus yang ditulis oleh redaktur Pucukmera. Rubrik ini berisi pandangan redaktur terhadap current issue yang sedang hangat diperbincangkan.

Ulasan
Memuat ulasan-ulasan mengenai buku, film, lagu, dan hal yang lain. Siapa pun dapat mengirimkan ulasan mengenai karya yang telah ia baca, tonton, dengar, beli, pakai dan lain-lain. Ulasan ini disajikan dengan tulisan yang reflektif, menggugah, dan renyah.

Vakansi
Rubrik yang berisi tulisan santai mengenai perjalanan, kuliner dan pengalaman menarik, baik pribadi maupun orang lain.

Celoteh
Tulisan segar yang membahas curahan hati. Setiap orang dapat menulis curahan hatinya tentang segala kesedihan, kebahagian, kemarahan dan segala hal yang melekat di hati dan pikiran penulis.

Tumbuh
Rubrik ini berisikan tulisan segar yang membahas mengenai tips dan trik tentang pengembangan diri. Rubrik ini bertujuan agar para pembaca dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Alkisah
Rubrik yang berisikan cerita pendek yang menarik seperti fabel, cerita jenaka maupun cerpen.

Sajak
Memuat sajak-sajak beken dan inspiratif.