GarDa PakDe: APD Gratis untuk Tenaga Medis

Share


Didin M
Pucukmera.id


Pucukmera.id – Masyarakat bergerak. Mewabahnya virus Covid-19 mendorong masyarakat mengambil peran dalam upaya pencegahan dan penanganan. Rasa kepedulian dan budaya gotong-royong menjadi dasar gerakan. Berbagai macam aksi solidaritas peduli Covid-19 seperti membuka dapur darurat, pembagian sembako, hand sanitizer hingga pembuatan ADP untuk tenaga medis. Aksi solidaritas peduli Covid-19 banyak ditemui pada berbagai wilayah, salah satunya di Malang.

Maraknya berita kekurangan APD pada pelbagai rumah sakit dan tenaga medis mendorong para alumni Tata Busana Universitas Negeri Malang membuat gerakan sosial. Garda PakDe atau galang dana untuk pakaian dekontaminasi atau Hazmat Suit adalah bentuk respon sosial. Gerakan ini dimotori empat alumni, Putri, Gebby, Melina, dan Dian. Awalnya ingin membuat masker kain yang kemudian akan dibagikan secara gratis pada masyarakat Malang. Namun, melihat mirisnya kondisi tenaga medis yang kekurangan APD pada penanganan kasus Covid-19, rencana tersebut akhirnya digeser pada pembuatan APD untuk tenaga medis.

Garda Pakde melakukan penggalangan dana untuk pembelian bahan APD,  kemudian dalam pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh tim dan volunteer.  Hasil dari pembuatan APD akan dibagikan secara gratis untuk tenaga medis rumah sakit di daerah Malang Raya hingga Blitar, ungkap Putri. Jika hasil pembuatan berlimpah, tidak menutup kemungkinan untuk mendistribusikan APD di luar wilayah Malang Raya dan Blitar.
Sebelum membuat dalam jumlah banyak, APD buatan relawan telah dikonsultasikan ke tenaga medis agar sesuai kebutuhan.

“Berawal dari empat orang, saat ini Garda PakDe sudah memiliki 30 volunteer tambahan,” papar Putri. Para volunteer berasal dari berbagai latar belakang sosial. Secara otomatis bertambahnya tenaga produksi akan meningkatkan kapasitas produksi APD. Volunteer menangani pembentukan bahan potongan menjadi APD siap pakai.

Target awal pembuatan sejumlah lima ratus APD dengan kebutuhan dasar sebesar tiga belas juta rupiah. Pertanggal (29-03-2020) pencapaian dana yang terkumpul telah melebihi target seperti yang disampaikan dalam laporan instagram resmi Garda Pakde. Kabar baik tersebut menandakan APD yang nantinya dibagikan bertambah banyak. Penggalangan dana untuk pembuatan APD masih terus berlangsung sampai tanggal 10 April, silakan kunjungi media sosial Garda PakDe untuk info lebih lengkap.

Solidaritas kita sedang diuji, kepekaan sangat dibutuhkan. Masih banyak kendala yang belum terselesaikan dari mewabahnya virus Covid-19. Setiap potensi yang kita miliki dapat diarahkan dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran virus. Masih dibutuhkan banyak lagi gerakan sosial atau aksi solidaritas peduli Covid-19. Rakyat bantu rakyat, jika bukan rakyat yang bergerak dan saling membantu, lantas siapa lagi. Mari kawan-kawan semua saling jaga, menjaga kesehatan yang paling utama. Tetap di rumah saja sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Tinggalkan Balasan